top of page
Search
  • bayikecil1

Lezatnya Bakso Sampai Diakui Negara Asing

Dalam beberapa kisah lalu saya yg paling pertama, saya melihat dari bawah meja kayu bundar kecil di dapur Nona saya di Dedham, Massachusetts, kota yg sama tempat kakek buyut buyut saya ada sehabis berimigrasi dari Italia. Dapur Nona saya kecil, tetap penuh keluarga, kawan, serta tetangga, segalanya wanita. Dapur mengepul dengan aroma lembab dari air mendidih serta keju yg menua, sejumput bawang putih serta tomat yg melekat di rambut mereka yg awut-awutan. Tangan tebal menggali dalam-dalam mangkok daging sapi. Dalam ingatanku, banyak wanita ini tetap bikin bakso.



Penjelasan Bakso Dinegara Lain


Bakso, seperti yg dijumpai sejumlah besar orang Amerika, ialah daging daging yg padat serta bundar. Ini kerja terbaik saat terbuat dari gabungan daging sapi tiada lemak serta daging babi atau sapi yg lebih gemuk, beserta remah roti lembab, bumbu, keju, serta dikit telur buat mengikat ramuan bersamanya. Disiram dengan saus marinara serta disiapkan dengan 1 mangkuk spageti raksasa, bakso ialah inti restoran Italia di semua Amerika, dari Olive Garden yg rendah sampai taplak meja putih dari restoran Manhattan kelas atas.


Namun bakso yg akan Anda temukan di Olive Garden tidak seperti yg diketemukan di Italia. Menulis dalam Smithsonian, Shaylyn Esposito mengatakan jika bakso Italia, yg diketahui jadi polpette, kian lebih kecil dibanding saudara-saudara Amerika mereka - terlebih di daerah Abruzzo, dimana polpettine sekecil kelereng. Polpette kebanyakan dikonsumsi jadi santapan pokok, disiapkan bukan dengan pasta atau saus tomat, akan tetapi polos, atau dalam kaldu sup gampang. Bergantung pada persembahan regional, daging yg dipakai mau membuat polpette begitu beragam, dari kalkun sampai ikan. Serta kendati bakso ialah makanan inti restoran Italia di Amerika, Anda hampir belum pernah menemukannya di menu restoran di Italia, dimana polpette dipandang seperti makanan petani simpel: santapan yg dibikin serta disiapkan hampir lewat cara eksklusif dalam rumah.


Polpette lacak warisan Italia mereka kembali lagi kekaisaran Romawi kuno. Apicius, kelompok resep yg diprediksikan udah diatur pada masa ke-4 atau ke-5, termasuk beberapa tipe bakso yg terbuat dari semuanya dimulai dengan sotong sampai ayam. Seperti banyak teks kuno, banyak sarjana tidak bisa mengidentifikasi lewat cara tentu riwayat atau pengarangnya; banyak yg yakin jika buku masak udah dicatat oleh penulis yg tidak serupa sepanjang beberapa dekade. Dalam terjemahan bahasa Inggrisnya tahun 1936, Joseph Dommers Vehling menulis jika banyak resep yg mungkin diadaptasi oleh beberapa orang Romawi dari Yunani.


Realitanya, asal bakso yg memang belum juga didapati. Calon yg paling mungkin buat bakso asli kelihatannya ialah kofta, santapan daging sapi cincang atau giling, ayam, babi, atau domba, di gabung dengan nasi, bulgur, atau lentil tumbuk. Saat ini kebanyakan dibikin jadi silinder seukuran cerutu, kofta kelihatannya datang dari Persia, yg menyerahkannya pada orang Arab. Menurut The Oxford Companion to Food, kofta tampak di banyak buku masak berbahasa Arab paling pertama, dimana dia terbagi dalam daging domba giling yg digulung jadi bola-bola memiliki ukuran oranye serta di lapis dengan kuning telur serta kunyit. Mereka peluang kerjakan perjalanan dari dunia Arab di selama rute perdagangan ke Yunani, Afrika Utara, serta Spanyol.


Riwayat Mengenai Bakso


Mungkin memberikan dengan pas riwayat bakso itu kurang subtansial dibanding mengaku popularitasnya lewat cara global. Hampir tiap-tiap budaya besar miliki bakso bakarnya sendiri: albondigas Spanyol, bitterballen Belanda, kepala singa Cina, skilpedjies Afrika Selatan. Kofte, dibuat dimana-mana dari India ke Maroko.


Salah satunya fakta yg mungkin buat kehadiran bakso dimana-mana: Ini ialah santapan yg begitu simpel dibuka, simpel serta dapat dijangkau. Bakso bisa dibikin dengan sebagian besar style daging, serta lantaran daging itu digiling serta di gabung dengan bumbu serta rasa yang lain, potongan daging yg murah bisa dirubah jadi suatu yg lezat. Resep bakso prima buat koki irit, meregangkan daging dalam jumlahnya yg relatif kecil jadi makanan yg materiil dengan mencampurkannya dengan roti, telur, atau sayuran tumbuk.


Elastisitas serta keterjangkauan ini dia yg bikin bakso demikian menarik untuk imigran Italia-Amerika diakhir masa ke-19 serta awal masa ke-20. Sejumlah besar imigran Italia yg datang di timur laut Amerika Serikat waktu ini datang dari wilayah miskin di negara aslinya (Sisilia, Calabria, Campania, Abruzzi, Molise). Dengan dikit uang, lumrah saja kalau mereka berganti ke resep yg paling dapat dijangkau, sampai-sampai polpet Italia selatan jadi makanan inti.




10 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page